Friday, April 14, 2006

 
Bupati dukung buruh tolak revisi UU No 13/2003
06 Apr 2006 10:24 am

BATANG - Bupati H Bambang Bintoro SE mendukung buruh yang menolak revisi UU Nomor 13/2003 tentang Ketenagakerjaan. Dukungan tersebut juga dilakukan oleh DPRD yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Drs HM Sulthon. Pernyataan dukungan dari kedua lembaga eksekutif dan legislatif bersamaan dengan aksi demo yang digelar sekitar 2.000 buruh/pekarja di Kantor DPRD dan Sekretariat Daerah Kabupaten Batang pada Rabu (5/4).

Aksi demo para buruh ini sebelumnya digelar di gedung DPRD sekitar pukul 09.00 WIB. Kedatangan buruh dari berbagai perusahaan yang ada di Kabupaten Batang ini mendesak kepada DPRD agar memberikan dukungan untuk menolak adanya revisi UU Nomor 13/2003. Berbagai spanduk dan poster mewarnai aksi demo para buruh. Tidak itu saja, mereka juga meneriakan yel-yel dan menggelar orasi yang intinya untuk menolak pemerintah melakukan revisi UU No 13/2003.

Aksi yang berjalan damai ini ditanggapi oleh anggota DPRD dengan menerima sebanyak 12 orang perwakilan yang dipimpin Ketua DPC KSPSI Kabupaten Batang, Bambang Suhartono. Dialog yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Drs HM Sulthon dan didampingi Ketua Komisi B Slamet Masykuri sepakat mendukung gerakan yang dilakukan oleh para pekerja untuk menolak adanya revisi UU No 13/2003.

"Bukti dukungan DPRD terhadap para pekerja yakni pada hari ini juga kami akan mengajukan rekomendasi kepada pemerintah pusat melalui faksimil agar membatalkan revisi UU Nomor 13/2003," kata Wakil Ketua DPRD Drs HM Sulthon. Hal senada juga disampaikan Ketua Komisi B Slamet Masykuri yang menyatakan jika dirinya mempunyai wewenang untuk membatalkan revisi UU Nomor 13/2003 hari itu juga akan dibatalkan.

Didaulat

Usai berdialog dan perwakilan buruh merasa puas dengan janji wakil rakyatnya ini, Wakil Ketua DPRD yang akrab dipanggil Gus Sulthon didaulat untuk bertemu dengan ribuan buruh yang sudah menunggu di halaman gedung DPRD.

Dukungan DPRD yang disampaikan oleh Gus Sulthon sebagai wakil ketua langsung mendapatkan sambutan hangat dari para buruh yang memadati halaman gedung DPRD Batang. Usai demo di DPRD, ribuan buruh ini lalu melakukan aksi jalan kaki ke Kantor Setda Batang di Jalan RA Kartini. Hal senada dilakukan oleh para buruh yang menggelar aksi damai untuk meminta dukungan kepada Pemkab Batang untuk menolak revisi UU Nomor 13/2003.

Seperti di DPRD, sebanyak 12 perwakilan buruh diterima untuk berdialog dengan Sekda H Soetadi SH MM yang mewakili bupati. Setelah diambil kata sepakat dalam dialog tersebut, Sekda juga di daulat untuk menyampaikan dukungan di hadapan para buruh yang berdemo. Sekda atas nama Pemkab Batang membacakan surat pernyataan dukungan yang ditandatangani Bupati H Bambang Bintoro SE untuk menolak revisi UU Nomor 13/2003. Dukungan pemkab langsung disambut tepuk tangan oleh para buruh dan selanjutnya aksi damai itu bubar dengan tertib. Ero/ad

Comments: Post a Comment



<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?